Alasan-alasan untuk Investasi Bidang Pariwisata di Lombok, NTB.

Kekayaan akan Keindahan alam yang  masih alami adalah salah satu daya pikat pada pariwisata NTB, dua pulaunya memamerkan panorama alam dan budaya yang sangat mempesona, bagaikan lukisan indah yang tergambar jelas.

Anugrah alam yang luar biasa dengan khas flora dan fauna terpapar kawasan wisata cantik nan alami.
Pengembangan kawasan Pariwisata Nusa Tenggara Barat, terdapat 15 kawasan pariwisata yang akan dikembangkan. Lima belas wisata potensial yang menawarkan panorama cantik mempesona, eksotik dan   alami., yakni sembilan berada di pulau lombok dan enam lainnya di Pulau Sumbawa (Komodo). 
Objek wisata NTB ini menawarkan pilihan mulai dari wisata alam Bahari, wisata alam pegunungan dan wisata budaya.

Adapun kawasan di Pulau Lombok yakni Pantai Senggigi, Pantai Sire, Gili Trawangan, Gili meno dan Gili Air, Pantai Batu Layar, Pantai Batu Bolong dan Pantai Mangsit-malimbu. kawasan wisata ini berada di sekitar Kota Mataram sebagai ibu Kota Provinsi NTB, yakni hanya sekitar 10 kilometer.

Pantai dengan Pasir putih kehitaman memanjang membentuk teluk dengan ombak sedang, panorama alam perbukitan disekitarnya dengan cottages dan perahu-perahu nelayan tradisional berlayar hilir mudik dan menghiasasi bibir-bibir pantai, yang tertata dengan baik dan apik.

Di sepanjang pantai terdapat hotel-hotel berbintang dan non bintang yang juga menawarkan bangunan tradisional keunikan khas lombok. Pantai ini sangat cocok untuk berolah raga air, berenang, berperahu, berjemur dan menikmati sunset di sore hari.

Gili meno, Gili Air dan Gili Trawangan sekitar 30 menit perjalanan dari Mataram, Pantainya berpasir putih mengelilingi pulau dengan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk  memancing, berenang, surfing, snorkeling, dan menikmati sunset di bagian Barat pulau-pulau mungil yang mempesona.

Beningnya air laut membuat kita takjub dengan panorama bawah laut yang sangat indah dengan koral-koral yang terlihat jelas.

Kawasan wisata Narmada, Suranadi, dan Taman mayura, Pura Meru, Pura Segara, Museum NTB, Sekarbela dan Lingsar, merupakan kawasan wisata budaya, dengan peninggalan sejarah masyarakat lombok.
Objek wisata ini menawarkan gambaran kehidupan masa lalu seperti pura-pura, Taman Raja, miniatur Danau segara Anak, dan tempat-tempat ibadah warga Hindu Bali di Lombok.

Museum Negeri NTB menyimpan banyak benda cagar budaya sebagai benda-benda peninggalan sejarah, Di Sekarbela merupakan pusat kerajian perhiasan, Emas, Perak dan Mutiara. Konon, para pande Emas di daerah ini adalah pande emas kerajaan-kerajaan yang ada di Lombok di masa lalu.
GILI GEDE
Kawasan Wisata Gili Gede dan Sekitarnya antara lain Gili Asahan, Gili Layar, Gili Ringgit dan Gili Anyaran. menawarkan panorama alam yang dipenuhi pepohonan seperti pohon kelapa, Pasir putihnya lembut dengan ombak yang sangat tenang.
Di sepanjang pantai ditumbuhi rumput laut. dan di Sekitar Gili Nangu, Gili Sudak, Gili Tengkong, Gili Poh, Gili Amben dan Tanjung Bangko-bangko, terdapat pasir putih memanjang dengan deburan ombak yang keras, terdapat batu karang yang keras sebagai hiasan pantainya dengan diteduhi bukit-bukit yang indah.

Kawasan Wisata Lombok Tengah.
--- Kawasan wisata Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung A'an dan sekitarnya, yakni Pantai Gumbang(orang desa menyebutnya "Bumbang", pantainya berobak tenang, akan tetapi jajaran wisata ini bisa merenggut habis waktu para wisatawan khendak berkunjung dikarenakan kenyamanan dan keindahan di pantai ini.
Pasir putih bulat yang merupakan ciri khas perbedaan dengan Seluruh pasir pantai di Nusantara membentang disepanjang pantai dengan bukit-bukit teduh dan pohon kelapa yang memberi kesegaran atmosfer sepanjang pantai.
Dengan tingkat akomodasi tinggi dan berkelas, hanya 15 menit dari Bandara International Lombok, yang sudah mulai beroperasi pada tanggal 1 bulan Oktober 2011.
BANDARA INTERNATIONAL LOMBOK
Kawasan pantai ini juga menyimpan Legenda masyarakat Lombok selatan di sebut Putri Nyale yang dirayakan setiap tahun selama 2 hari 2 malam, yang dimeriahkan oleh pertunjukan-pertunjukan budaya Lombok, seperti Presian, Tari Gandrung, Drama yang menggambarkan Legenda Putri Nyale, dan diakhiri dengan Penangkapan Cacing Laut dengan wujud warna-warni di waktu Fajar.
Event ini merupakan salah satu event terbesar di NTB yang melibatkan seluruh masyarakat Lombok .
BAU NYALE, PUTRI MANDALIKA
Pantai Gerupuk yang terletak sekitar 2 menit dari Pantai An atau wilayah LTDC, juga memberikan keunikan sendiri, dimana dari Pantai Gerupuk ini tampak jelas pasir putih yang memanjang di Teluk Bumbang dengan ombak tenang.
PANTAI GERUPUK LOMBOK
Adapun kawasan wisata lainnya yakni, alam pegunungan, Gunung Rinjani, dan sekitarnya seperti Danau Segara anak pelawangan sembalun dan senarau, sumber mata air lemor dan Otak Kokok, Air Terjun Sendang Gile.
Pemandangan kaki Gunung Rinjani(Sepi, Tete Batu dan Pesona alam Sembalun), serta wisata petualang.
KEINDAHAN GUNUNG RINJANI
Kawasan wisata Gili Sulat dan sekitarnya antara lain Gili Lawang, Gili Bidara, Gili Konodo, Gili Pelangan dan Gili Lampu serta Gili Bagik.

Kemudian adapula kawasan tradisional Desa Sade,Desa Segentar, Desa Rembitan dan kawasan sekitar seperti Pantai Mawun, Selong Belanak, Pantai Syurga, Teluk Ekas, Pantai Kaliantan, Pantai Mawi, dan Pengantap.
PANTAI KALIANTAN-TELUK EKAS
Keindahan alam di Pulau Sumbawa juga tak kalah memikat, diantaranya Pulau Moyo, dan Pantai Maluk dan sekitarnya yakni Pantai Sekongkang, Pantai Jelangga dan Pantai Pesin..
Kawasan Wisata, Aman Wana Resort, Pantai Tanjung Pasir, Pantai Tanjung Menangis dan Pulau Satonda,

Kawasan pariwisata Pantai Hu'u/Lakey dan sekitarnya  seperti Pantai Wane dan Pantai Rintu.
Kawasan Pariwisata Teluk Bima dan sekitarnya meliputi Pantai Lawata, Pantai Ule dan Pulau Kambing.
Kawasan Pariwisata Sape dan Sekitarnya terdapat Teluk Bima, Pulai Sanai, Pulau Lamere dan Bajo Pulau.