Danau Kelimutu dan Pesona Warna warni kawahnya.


Gunung Kelimutu adalah salah satug gunung terunik di negeri tercinta indonesia, dimana keunikan ini juga menyimpan berbagai misteri dan kekuatan yang kasat mata, namun yang paling utama kita uraikan disini adalah keunikannya yakni terdapatnya 3(tiga) buah danau yang masing-masing danau memiliki warna yang berbeda-beda meskipun hanya disekat dengan berapa meter dinding danau,, Sungguh Luar Biasa bukan...? Gunung ini letaknya di Provinsi Nusa Tenggara Timur,Kabupaten Ende, Kecamatan Kelimutu desa Pemo.
ketiga warna itu adalah Merah, Putih dan Biru, dan yang paling membuatnya terkenal dan terunik adalah dari ketiga warna itu bisa berubah-ubah dan mengikuti waktu atau istilah trendya seiring waktu berjalan meskipun waktu tak punya kaki.
 Danau berwarna merah dan putih jaraknya sangat dekat akan tetapi dengan danau yang berwarna biru jaraknya sekitar 1,1 kilimeter.

KELIMUTU, adalah sebuah nama yang diambil dari gabungan kata " Keli" dan "Mutu" dimana Keli artinya gunung dan Mutu artinya Mendidih/Airpanas yang mendidih, warna-warna tersebut memiliki arti dan asal usul alam yang kuat dan sangat masuk akal sesuai dengan pendapat penduduk setempat.

  • Danau Pertama yakni yang berwarna Putih diartikan sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal, dimana dalam hidupnya mereka lebih banyak meluangkan waktunya untuk berbuat baik serta mengajarkan bagaimana cara berbuat kepada orang lain.
  • Danau Kedua yakni berwarna merah merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang dalam hidupnya selalu berbuat jahan khususnya tenung, sihir, santet dan sejenisnya.
  • Sedangkan danau yang ketiga yakni biru, adalah sebagai tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang sudah meninggal dunia.

Sekarang kita akan menelusuri siapa sih yang pertama kali menemukan atau mengetahui kalau diatas gunung yang berketinggian 1.690meter dari permukaan laut ternyata ada danau yang begitu indah dan terkenalnya.
--- - Pertama kali danau ini ditemukan oleh seorang yang bernama Van Such Telen dari belanda sekitar tahun 1915,  wah wah wah pasti Beliu sungguh kaget ya melihat keindahan dan keajaiban alam indonesia.
Dan danau ini kemudian dilukiskan oleh boumen sekitar tahun 1929, hingga saat itulah rekan-rekan belanda mulai berbondong-bondong datang menikmati danau yang super Magic dan Angker ini., kedatangan orang asing didanau ini bukan hanya ingin menikmati keindahannya akan tetapi mereka juga melakukan penelitian bagaimana danau kita ini warnanya bisa berbeda dan berubah-ubah meskipun hanya dengan batas dinding sempit dan mudah longsor bahkan miring sampai 70 derajat itupun dengan ketinggian sekitar 100meter, sungguh luar basa indonesia.

Baru saja kita sudah mengetahui siapa dan dari mana penemunya, nah,,, sekarang kita akan membahas dan mendiskripsi betapa indahnya danau kelimutu ini..
---- - Keindahan dari danau ini mulai dapat dinikmati sang indra penglihat ketika matahari mulai menyemburkan sinarnya, lebih-lebih kita arahkan persis diatasnya. akan tetapi bukan hanya pada waktu pagi saja, sore pun kita bisa menyaksikan betapa indahnya pemandangan yang tertutup kabut asap tebal yang dikeluarkan oleh danau mendidih ini..Oooo.. gak jadi dah aku kesana lok ada kabut asap, sekalain buat beli rokok aja gak cukup, gimana mau kesana..


Tidak terlalu banyak saya menjelaskan tentang danau ini karena penulis juga belum pernah kedanau super indah dan super unik ini, dan kalau begitu sekarang kita berpindah ke episode berikutnya yakni Danau Toba.

Di tunggu ya... Mau ngerokok dulu...!!!
Terima Kasih

Salam Sehat Selalu dan Sempat terus mampir ke Blog ini.